Makalah Pengantar Ilmu Perikanan (FISHERIES SYSTEM)

Posted by Ahmad Ardani On Thursday, October 18, 2012 0 komentar

Bismillah..
1. Pendahuluan
makalahSebelum tahun 1980an, perikanan ialah termasuk salah satu cabang dari sistem agrokompleks. Pertanian secara luas (agro-kompleks) terdiri dari cabang: tanaman  pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Dari semua cabang tersebut, berkembang ranting-ranting pendukung, seperti: tanah, kedokteran hewan, teknologi hasil pertanian, mekanisasi pertanian, sosial ekonomi pertanian dan ilmu gizi pertanian. Saat ini, semua cabang dan ranting tersebut sudah berkembang, dan di Perguruan Tinggi menjadi setingkat Fakultas yang otonom. Ketika semua cabang dan ranting tersebut masih tergabung dalam ilmu pertanian, Perguruan Tinggi Ilmu Pertanian memberikan mata kuliah dasar yang disebut “Pengantar Ilmu Pertanian”. Setelah berkembang menjadi fakultas yang otonom, masing-masing cabang ilmu tersebut di Universitas Pertanian mengajarkan mata kuliah pengantar pada masing-masing bidang. Sebagai contoh misalnya: pengantar ilmu peternakan, pengantar klinik (kedokteran hewan), pengantar ilmu agronomi (tanaman pangan dan hortikultura) maupun pengantar kehutanan. Semua mata kuliah “pengantar ilmu” tersebut sebenarnya mengadopsi sistem perkuliahan sebelumnya yang sudah mapan, ialah Pengantar Ilmu Pertanian. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) Malang juga mengikuti perkembangan yang hampir sama dengan mengembangkan mata kuliah Pengantar Ilmu 
Perikanan dan Kelautan.
Mata kuliah Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan (PIPK) ialah termasuk mata kuliah dalam kurikulum tingkat INSTITUSI (tingkat Fakultas), bukan kurikulum INTI (tingkat nasional). Oleh karena itu materi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik FPIK dari Universitas Brawijaya. Tentu saja, dalam perkembangan, materi pembelajaran selalu disempurnakan dengan mempertimbangkan mata kuliah sejenis yang diajarkan pada Perguruan Tinggi lain yang masih memakai pola pertanian umum (agro-kompleks), seperti sebelum tahun 1980an. Mata kuliah PIPK diajarkan pada hampir semua Perguruan Tinggi yang mempunyai fakultas atau jurusan perikanan dan kelautan – namun, materi pembelajaran tidak akan seragam dari satu fakultas dengan fakultas sejenis pada perguruan tinggi lain. Penyempurnaan kurikulum dilakukan pada tingkat fakultas, bukan pada tingkat nasional. Oleh karena itu, setiap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Indonesia bertanggung jawab penuh pada perkembangan dan materi pembelajaran (lecture content) dari mata kuliah ini.

Mata kuliah PIPK yang diajarkan di Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan UB Malang, ialah termasuk kategori mata kuliah wajib, menjadi bagian yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa dalam menyelesaikan seluruh (minimal) 144 Satuan Kredit Semester (SKS). Artinya, seorang mahasiswa FPIK yang walaupun sudah menyelesaikan 145 SKS, jika belum mengambil mata kuliah PIPK, dia belum dinyatakan lulus sebagai sarjana perikanan dan ilmu kelautan. Bahkan, jika sudah pernah menempuh mata kuliah PIPK, jika mendapat nilai E, dia wajib mengambil ulang, baik melalui kelas reguler atau melalui sistem Semester Pendek (SP). Jika seorang mahasiswa mendapat nilai D untuk mata kuliah PIPK, jika mencapai Indek Prestasi Kumulatif (IPK)  2,0 dia bisa dinyatakan lulus sarjana (total kumulatif nilai D  10% dari seluruh 144 SKS yang harus ditempuh). Sampai saat ini, mata kuliah PIPK ialah termasuk jenis mata kuliah dengan kompetensi UTAMA (bukan kompetensi PENUNJANG atau kompetensi LAIN). Artinya, mata kuliah ini dipertimbangkan sebagai bagian penting untuk mencapai kompetensi sarjana perikanan dan ilmu kelautan dari berbagai jurusan maupun program studi yang berbeda. Bahkan mata kuliah ini termasuk dalam nomenklatur mata kuliah MKK (Mata Kuliah Keahlian). Oleh karena itu, setiap mahasiswa, bersama tim pengajar harus selalu melakukan penyempurnaan terhadap sistem pembelajaran mata kuliah ini. Mahasiswa yang lulus mata kuliah PIPK diharapkan akan lebih mudah dalam mengikuti sistem pembelajaran mata kuliah lainnya pada semester lebih lanjut.

Untuk Lebih Lengkapnya silahkan download filenya dalam bentuk PDF klik DISINI

0 komentar to Makalah Pengantar Ilmu Perikanan (FISHERIES SYSTEM)